Rabu, 03 Juni 2015

Pameran Batu Akik Desa Pandak Baturraden


Pandak Baturraden,

Meningkatkan daya jual akik serta melestarikan seni budaya lokal,karang Taruna Desa Pandak Kecamatan Baturraden bekerja sama dengan Padepokan AURA Jagad serta Suhu Gemstone mengelar acara Pameran Batu Akik Nusantara yang akan dilaksanakan mulai Kamis hingga Minggu (4-7/6).Kegiatan yang melibatkan pemerintahan desa setempat ini digelar di Gedung Pertemuan Balai Desa Pandak.
Ketua Karang Taruna “Taruna Jaya XI” Desa Pandak Agus Cahyanto mengatakan,kegiatan ini digelar sebagai wujud kepedulian anak muda terhadap pelestarian serta potensi lokal Banyumas khususya batu akik.
“Kami menyajikan sarana pameran ini juga untuk melatih pemuda dan warga desa dalma dunia usaha.Bila pameran ini ramai,mereka bisa berjualan makanan atau lainya untuk pengunjung,”Katanya,rabu(3/6).
Pameran ini juga akan diramaikan dengan kontes dan lelang batu akik .Batu akik yang dikonteskan terdiri dari batu gambar jenis Badar dan Kristal.
“hasil lelang nantinya digunakan untuk menyantuni anak yatim piatu dan beasiswa pendidikan bagi anak yang kurang mampu di desa Pandak,”katanya.
Menariknya,pameran yang akan digelar selama empat hari ini juga akan digelar rukiyah serat gurah oleh Padepokan AURA Jagad .
Didik Jatmiko,Ketua Panitia Pelaksana yang juga Ketua Padepokan AURA Jagad mengatakan ,kegiatan rukiyah atau pembersihan diri dari enegrgi negatif ini sangat tepat jika dilakukan menjelag bulang Ramadan.
Padepokan AURA Jagad membuka praktik rukiyah dan gutah pada momen pameran ini,”katanya.
Menurutnya,pameran gebyar batu akik nusantara ini juga untuk menyemarakkan Desa Pandak yang selama ini sepi kegiatan,Rencananya,kegiatan serupa akan menjadi agenda tahunan desa.
“kalau sekarang booming-nya batu akik ,nah tahun depan mungkin sudah lain lagi.Kami akan menyesuaikan booming untuk meramaikan agenda tahunan desa ini,”ujarnya.
sumber:Satelit Post Purwokerto

0 komentar:

Posting Komentar